Saatnya Bertindak Mendukung Perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser

Kabar baik dari hutan hujan di Indonesia, Gubernur Aceh terpilih, Irwandi Yusuf, telah memperpanjang moratorium izin baru perkebunan kelapa sawit dan tambang di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL)! Keputusan ini diambil untuk memenuhi janji Gubernur Irwandi dalam mewujudkan “Visi Hijau” di provinsi tempat sebagian besar Kawasan Ekosistem Leuser berada.

Rencana ini akan mengamankan perlindungan KEL, termasuk mendorong pengakuan KEL dalam Rancangan Tata Ruang Wilayah Aceh (RTRWA) serta membatalkan rencana proyek mega infrastruktur yang dapat merusak kawasan tersebut. Jika diwujudkan, Visi Hijau Aceh akan menentukan langkah politik penting untuk melindungi KEL bagi generasi mendatang.

Namun Gubernur Irwandi akan dihadapkan pada banyak lawan dan tantangan dalam mewujudkan rencana tersebut, termasuk kepentingan perusahaan yang ingin menjalankan bisnis seperti biasa dengan cara mengambil keuntungan dari kehancuran KEL.

Berikan suara Anda sekarang – tanda tangani surat dukungan Visi Hijau Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf untuk perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser.


Kepada Yang Terhormat Gubernur Irwandi Yusuf,

Sebagai masyarakat global yang peduli akan nasib Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), kami ingin menyampaikan terima kasih karena telah menunjukkan kepemimpinan sejati dengan menegakkan dan memperpanjang moratorium izin pertambangan dan perkebunan kelapa sawit di Kawasan Ekosistem Leuser yang sangat berharga. Kami juga ingin menyampaikan dukungan kami akan Visi Hijau Anda untuk provinsi Aceh. Masyarakat Indonesia dan internasional sangat berharap kepemimpinan Anda di masa yang akan datang dapat menyelamatkan KEL dari kerusakan.

Seperti yang Anda ketahui, lanskap hutan yang sangat berharga ini telah menyediakan air bersih bagi jutaan orang, rumah untuk spesies langka yang tidak ditemukan di tempat lain di bumi, dan berfungsi sebagai penyerap karbon yang penting untuk keseimbangan iklim dunia. Keberlangsungan KEL tidak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat lokal, tapi juga masyarakat dunia yang menyadari besarnya nilai KEL yang tak tergantikan.

Meskipun penting untuk dunia, Kawasan Ekosistem Leuser sebagai harta karun alami masih terus terancam perluasan perkebunan kelapa sawit, proyek mega energi, jalan, perburuan liar dan berbagai kebijakan yang tidak berkelanjutan. Visi Hijau Anda bisa menjadi jalan untuk mengakui nilai KEL dan melindungi KEL bagi generasi yang akan datang.

Saya berharap agar Anda bisa menggunakan kepemimpinan Anda untuk terus menerapkan dan menjalankan visi ini dengan melibatkan masyarakat sipil, dan memastikan perlindungan permanen untuk KEL. Sebagai bagian utama dari rencana ini, kami mendesak agar Anda menyertakan Kawasan Ekosistem Leuser dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Aceh (RTRWA), memastikan moratorium kelapa sawit ditegakkan, dan membatalkan semua proposal mega proyek infrastruktur di dalam Kawasan Ekosistem Leuser, seperti PLTA Tampur dan Kluet. Keputusan Anda untuk membatalkan proyek panas bumi di Kappi akan menjadi langkah awal yang krusial untuk terus mewujudkan Visi Hijau ini – terima kasih

Kami percaya, apabila diterapkan, Visi Hijau Anda akan menjadi contoh bagi provinsi lain, dan juga negara, karena telah menjaga lingkungan dan mendukung komitmen nasional dalam mengurangi emisi.

Terima kasih.

271 signatures

Maukah Anda menandatangani?