Bertindak Sekarang untuk Melindungi Ekosistem Leuser

Salah satu ancaman terbesar yang saat ini sedang dihadapi oleh Ekosistem Leuser adalah pembangunan mega proyek PLTA Lesten-Tampur. Bendungan setinggi 175 meter ini akan membendung jutaan ton air di daerah yang terkenal akan potensi gempa bumi maupun tsunami, menempatkan 250.000 masyarakat dalam risiko bencana buatan manusia.

Proyek ini akan menghancurkan habitat gajah Sumatra dan banyak spesies lain yang terancam punah dalam satu wilayah hutan hujan tropis terkaya akan keanekaragaman hayati di dunia. Tanda tangani petisi ini meminta agar pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Nasional Indonesia membatalkan proyek ini!


Kepada Yth.
Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Nasional Indonesia

Jutaan orang di Aceh dan Sumatra Utara bergantung pada sungai bersih yang mengalir dari Kawasan Ekosistem Leuser. Selain sumber air minum, sungai ini juga menyediakan irigasi yang penting untuk pertanian dan perikanan sebagai sumber mata pencaharian utama masyarakat lokal.

Rencana pembangunan mega proyek PLTA Lesten-Tampur––dengan bendungan raksasa setinggi 175 meter––di dalam Kawasan Ekosistem Leuser merupakan proyek pembawa bencana yang mengancam masyarakat dan keanekaragaman hayati, menghancurkan 4.000 hektar hutan lindung habitat spesies yang terancam punah dan dilindungi oleh Undang-Undang dan Peraturan Presiden sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN).

Kami mengharapkan pertimbangan Anda, agar tidak menempatkan kehidupan masyarakat yang bergantung pada sungai yang mengalir dari Kawasan Ekosistem Leuser dalam risiko dengan adanya pembangunan mega proyek PLTA Lesten-Tampur.

Perusahaan yang berusaha mendapatkan izin pembangunan, PT. Kamirzu (perusahaan yang diakusisi oleh PT. Prosperity Indonesia, konstituen Indonesia dari Hong Kong's Prosperity International Holdings) telah menekan pemerintah Indonesia mengeluarkan izin pemanfaatan hutan lindung dan melemahkan perlindungan hukum Kawasan Ekosistem Leuser untuk menjalankan proyek ini.

Saya dengan hormat meminta Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Indonesia untuk berdiri bersama masyarakat lokal dan organisasi masyarakat sipil memimpin usaha perlindungan Kawasan Ekosistem Leuser agar terbebas dari pembangunan yang tidak bertanggung jawab, dan meminta pemerintah dapat menjalankan tugasnya dengan tetap menjunjung tinggi perlindungan hukum Kawasan Ekosistem Leuser serta mencegah terjadinya bencana akibat PLTA Lesten-Tampur.

85 signatures

Maukah Anda menandatangani?